Pengertian TCP/IP

Kita sebagai orang IT khususnya network administrator mungkin tidak asing dengan kata-kata TCP/IP, tapi mungkin ada sebagian dari kita yang kurang ngerti cara kerja dari protokol ini termasuk saya yang hanya tahu namanya aja, setelah saya baca sebuah tutorial saya jadi mengerti konsep kerja dari protokol ini, berikut akan saya tuturkan konsep kerja dari protokol ini.

TCP/IP terdiri dari lapisan-lapisan protokol, untuk memudahkan pemahaman konsep kerja dari protokol ini saya akan mengambil contoh dari pengiriman email, dalam pengiriman email yang dibutuhkan adalah protokol untuk email. Protokol ini mendefinisikan perintah-perintah yang diperlukan dalam pengiriman email, dan protokol ini juga mengasumsikan ada hubungan antara terminal yang mengirim dengan terminal yang dituju. Dalam hal ini perintah-perintah tsb diatur oleh TCP dan IP. TCP mengatur masalah-masalah pengiriman data, mengawasi jalannya data dan memastikan data tsb sampai ke tujuannya, apabila ada bagian data yang tidak sampai ke tujuannya maka TCP akan mengirimkannya lagi, proses tsb terus berlangsung sampai data yang dikirimkan sampai ke tujuan. Apabila ada data yang besar yang tidak bisa dimuat dalam 1 datagram maka TCP akan memecah dalam beberapa datagram dan kemudian mengirimkan ke tujuan dan memastikan data tsb sampai ke tujuan dengan benar. TCP dapat dianggap sebagai suatu pembentuk kumpulan-kumpulan routine (perintah) yang dibutuhkan oleh aplikasi untuk berhubungan dengan terminal lain dalam jaringan

IP adalah protokol yang memuat semua kebutuhan aplikasi dalam berhubungan antar terminal, seperti telah disinggung sebelumnya TCP bertanggung jawab masalah pengiriman data dan memecah data menjadi beberapa bagian kecil dan memastikan data sampai ke tujuan, sedangkan IP merupakan pembuka jalan hingga sampainya data ke terminal tujuan. Pelapisan-pelapisan protokol-protokol tsb berguna untuk menjaga agar data sampai ke terminal tujuan dengan sempurna.

Beberapa layanan dasar yeng diberika TCP/IP diantaranya,

1. FTP

2. Telnet

3. EMail

mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang konsep TCP/IP ini, saya sadar pasti banyak kekurangannya, oleh karena itu saya minta saran dari rekan-rekan semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: